Wednesday, March 25, 2015

9 Cara Praktis Agar Cepat Hamil

BAGIKAN TULISAN INI:

Tahukah anda, bahwa beberapa kebiasaan dan kondisi fisik anda dan pasangan sangat mempengaruhi kesempatan terjadinya pembuahan.

Jadi, apabila anda kesulitan untuk hamil, ada baiknya mengoreksi beberapa hal berikut:

1. Alkohol.

Alkohol dalam jumlah tertentu dapat mengurangi kesuburan dan kemampuan tubuh untuk mengalami pembuahan.

Apabila anda berencana untuk segera memiliki anak, cobalah untuk berhenti mengkonsumsi alkohol, atau kurangi setidaknya 1 gelas dalam seminggu.

Alkohol dapat masuk ke dalam aliran darah bayi melalui plasenta, sehingga dapat menyebabkan keguguran pada awal kehamilan. Bayi dari ibu yang alkoholik biasanya lahir dengan banyak gangguan fisik dan mental, seperti hiperaktif, postur yang pendek dan kurus, bahkan cacat mental.

2. Rokok.

Selain alkohol, rokok juga dapat menghambat pembuahan. Sebisa mungkin jauhilah asap rokok apabila anda sedang dalam program kehamilan. Seyogyanya rumah anda bebas asap rokok selama program hamil, selama hamil, bahkan setelah melahirkan.

Asap rokok selama hamil akan meningkatkan resiko keguguran, lahir prematur, bayi lahir mati, bayi dengan berat lahir rendah, bayi dengan infekai saluran nafas dan infeksi telinga, dan bayi dengan gangguan pertumbuhan.

Pasangan yang merokok dan peminum alkohol juga sebaiknya berhenti melakukan kebiasaan tersebut saat hendak menjalani proses kehamilan.

3. Obat-obatan.

Apabila anda pecandu obat-obatan seperti heroin atau kokain, hendaknya menjalani proses detoksifikasi lebih dulu dengan ahlinya sebelum menjalani program kehamilan.

4. Konsumsi asam folat.

Untuk memprcepat proses pembuahan, ada baiknya anda memperbanyak konsumsi asam folat (vitamin B9). Vitamin ini banyak terdapat dalam sayuran hijau, sereal, gandum, susu, yoghurt, keju, biji-bijian, kacang-kacangan, buah jeruk dan pisang.

Disarankan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat 0,4 mg sejak sebelum proses kehamilan hingga usia kehamilan 12 minggu.

5. Konsumsi makanan sehat dan pertahankan berat badan ideal anda.

Terlalu kurus atau terlalu gemuk juga mengganggu proses pembuahan.

Apabila anda terlalu kurus karena asupan makanan yang kurang, maka nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti zat besi, vitamin, dan kalsium juga tidak mencukupi.
Badan yang terlalu kurus akan mengganggu siklus menstruasi anda dan berpengaruh langsung pada proses pembuahan.

Berat badan yang sangat berlebih juga kurang baik, karena akan meningkatkan tekanan darah anda, meningkatkan resiko diabetes mellitus.

Namun demikian, tidak dianjurkan untuk melakukan diet selama proses kehamilan. Apabila anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi.

Lakukan seluruh proses diatas selama minimal 3 bulan untuk memberi kesempatan tubuh menyiapkan lingkungan optimal bagi pembuahan yang sehat.

Supaya dapat hamil, seorang wanita harus berovulasi (melepaskan sel telur matang ke saluran fallopii) supaya dapat dibuahi oleh sperma. Biasanya ovulasi terjadi pada sekitar 14 hari sebelum haid/ menstruasi.

6. Lakukan hubungan intim dalam waktu 48 jam masa ovulasi.

7. Dibutuhkan sperma sehat dan aktif dalam jumlah yang memadai untuk dapat membuahi sel telur.

8. Tidak ada rintangan yang mencegah terjadinya pembuahan.

9. Bila pembuahan telah terjadi, embrio harus dapat melekat sempurna pada dinding rahim supaya berkembang dengan baik menjadi janin yang sehat.


No comments:

Post a Comment