Monday, May 4, 2015

Bayi Menangis Dengan Alasan Tidak Jelas. Apa Yang Moms Harus Lakukan?

BAGIKAN TULISAN INI:

Poin-poin dari artikel sebelumnya semuanya sudah moms cek. Popoknya bagus, perutnya full (kenyang), demam tidak ada, tapi kok masih rewel juga.

Untungnya, moms bisa mencoba beberapa hal lain meskipun tidak tahu pasti penyebab rewelnya. Moms bisa mencobanya satu- persatu, sampai menemukan hal yang betul-betul dia inginkan.

Bayi butuh udara segar.

Ya, bayi juga seperti kita moms. Kadang dengan membuka pintu atau jendela dan melangkah keluar rumah dengan bayi kita akan membuatnya langsung berhenti menangis. Moms dan dads bisa kemudian mengajaknya keliling taman, memandang langit dan mengajaknya berbincang.

Air yang hangat. 

Moms bisa mencoba menenangkannya dengan membasuhnya dengan air hangat. Kenapa tidak? Air hangat akan menenangkannya dan membuatnya nyaman.

Ingin bergerak.

Kadang menggendongnya, mengayun dengan gentle atau mendorong keretanya (stroller) cukup membuat bayi berhenti menangis.

Butuh sesuatu untuk diisap.

Mengisap bisa membuat detak jantung bayi lebih teratur dan menenangkan lambungnya. Meski demikian bukan berarti, bayi yang rewel atau menangis bisa langsung diberikan sesuatu untuk diisap seperti empeng.

Cobalah dulu menangkannya dengan cara yang lain dan menemukan masalahnya karena penggunaan empeng ada negatifnya.

Pijatan.

Sudah diketahui kalau pijatan memberikan banyak manfaat pada bayi, seperti dijelaskan di buku Bayi 1 Tahun Pertama. Umumnya bayi suka disentuh. Pastikan moms memberinya sentuhan yang lembut dan pelan. Bayi moms akan merasa nyaman.

Suara.

Ya, moms bisa mencoba memutarkan lagu/musik lembut, menyanyikannya ninabobo. Moms bisa mencoba dengan musik/lagu yang berbeda dan temukan yang paling disukai si kecil. Bahkan suara air mengalir, suara kipas yang bergerak, suara vacuum cleaner dapat menenangkan bayi.

Ingin diselimuti.

Terutama pada bayi baru lahir. Mereka suka dibedong/diselimuti dan lingkungan yang hangat. Yang moms mesti perhatikan tidak semua bayi suka ini dan hati-hati selimutnya menutup jalan napasnya.

Untuk menenangkan bayi, pastikan moms dan dads tenang karena tidak akan ada gunanya jika kita panik. Mengasuh bayi bukanlah pekerjaan mudah apalagi bagi moms baru. Tapi seiring waktu, moms akan semakin mengerti dan menyatu dengan bayinya sehingga moms bisa tahu apa keinginannya.

Dengan melakukan hal di atas dan mengecek segala sesuatu seperti yang sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya pada umumnya bayi akan kembali tenang.

Akan tetapi jika dia masih menangis mungkin moms bisa melakukan hal di bawah ini.

1. Tempatkan bayi moms di tempat yang aman dan tenang dan biarkan dia menangis.

2. Hubungi teman, keluarga, ibu atau mertua moms dan minta saran, siapa tau mereka punya ide yang mungkin moms lewatkan.

3. Moms bisa memberinya ke orang lain untuk menjaganya sementara moms beristirahat sejenak dan menenangkan diri.

4. Moms boleh memutar musik pelan untuk menenangkan diri sejenak.

5. Tarik napas panjang. Dan tenangkan diri moms. Menangis tidak akan membahayakan bayi moms dan setelah mengecek semuanya dan ternayata baik-baik saja, moms tidak perlu khawatir berlebihan.

6. Yakinlah bayi moms akan kembali tenang dan ia akan segera kembali ke keadaan sebelumnya.

No comments:

Post a Comment