Monday, February 15, 2016

Tanda Bahaya Pada Bayi Baru Lahir

BAGIKAN TULISAN INI:

Setiap orang tua pastinya mendambakan anaknya tumbuh sehat sejak kelahiran hingga dewasa. Namun terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan anak menjadi sakit beberapa saat hingga beberapa bulan pertama kehidupannya.

Berikut terdapat beberapa tanda bayi sakit yang dapat Moms cermati. Apabila anda menemukan salah satu atau beberapa tanda berikut, segera bawa si kecil ke dokter untuk memeriksakan kesehatannya.

Beberapa tanda menunjukkan keadaan yang gawat dan dapat menyebabkan kematian apabila terlambat dikenali dan ditindaklanjuti.

Tanda tersebut adalah:

1. Demam. Disebut demam bila suhu tubuh bayi lebih dari 37.5°C. Atau justru teraba sangat dingin dengan suhu kurang dari 36.5°C.

Demam menunjukkan bahwa si kecil mengalami infeksi. Sedangkan suhu tubuh yang rendah (hipotermi) biasanya terjadi pada bayi prematur. Keduanya dapat membahayakan kesehatan buah hati anda.

2. Bayi lemah dan merintih. Keadaan ini menunjukkan bayi sedang sakit berat.

3. Sesak nafas, dengan frekuensi nafas lebih dari 60x permenit.

4. Bayi kuning. Tubuh bayi kuning normalnya saat usianya 1 hingga 14 hari pertama. Waspadai bila warna kuning pada bayi muncul sebelum 24 jam sejak kelahirannya, atau saat usianya lebih dari 14 hari, serta kuning menyeluruh hingga telapak tangan dan kaki.

5. Kejang. Kejang pada bayi sangat sulit dikenali. Segera periksakan bila bayi anda mengalami gerakan yang tidak wajar berulang-ulang.

6. Diare. Diare dapat menyebakan dehidrasi yaitu suaru keadaan kurangnya cairan tubuh. Tanda dehidrasi seperti mata cekung, ubun-ubun cekung, lemah, dan kesadaran menurun. Segera bawa ke dokter atau pusat kesehatan terdekat untuk mendapat pertolongan. Diare dengan deidrasi berat dapat mengancam nyawa bayi.

7. Bayi menjadi sulit minum atau memuntahkan semua yang diminum.

8. Pusar berwarna kemerahan hingga dinding perut. Merupakan tanda infeksi tali pusat yang berat.

9. Mata bayi mengeluarkan banyak nanah. Tanda mata bayi mengalami infeksi yang dapat menyebabkan kebutaan apabila tidak ditangani dengan tepat.

10. Feses bayi berwarna pucat.



,

No comments:

Post a Comment